Cara Agar Bunga CABE Tumbuh Banyak dan Selebat-Lebatnya.

19:28
Tanaman cabe pada masa pertumbuhan dan perkembangan bunganya selalu diikuti dengan pembentukan buah-buahnya yang tumbuh diantara sela-sela ranting/dahan untuk masing-masing pohon. Tiap-tiap tanaman cabe pastinya dapat menghasilkan bunga dan buah yang berbeda-beda, artinya ada yang bunga dan buahnya sedikit, begitupun sebaliknya ada yang sedikit. Namun, ada faktor penentu sedikit atau banyaknya bunga dan buah cabe yang dihasilkan diantaranya adalah faktor perawatan tanaman cabe, serta bagaimana nutrisi itu diberikan secara tepat kepada tiap-tiap tanaman.

Pertumbuhan bunga cabe yang banyak, teratur, serta rutin menghasilkan generasi barunya tentunya merupakan hal positif dalam budidaya cabe. Akan tetapi, banyak juga petani/pekebun cabe yang justru merasakan bahwa menanam cabe ada juga yang produktivitas panen buahnya sedikit, ini dapat terjadi akibat bunga-bunga cabenya yang kurang produktif untuk melakukan penyerbukan. Sehingga perlu diberikan solusi supaya bunga cabe merah tumbuh banyak dan berbuah selebat-lebatnya.

Tanaman Cabe Sudah Mulai Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Sudah Mulai Berbuah Lebat, Photo Original by: Wahid Priyono (Tips Petani Cabe).

Kebanyakan petani memanfaatkan beberapa kemungkinan untuk merekayasa pohon cabe merah untuk segera menghasilkan bunga-bunga secara cepat berkembang, bunganya jarang rontok, serta mendapatkan hasil panen lebih optimal.

Salah satu cara yang digunakan yaitu dengan melakukan beberapa tindakan seperti diantaranya adalah:
  • Melakukan penyemaian cabe merah/jenis cabe sejenisnya dengan sistem steril pro atau dengan teknik tanam cabe sistem gelintir. Kedua teknik ini telah banyak terbukti manjur dan meningkatkan hasil produktivitas hasil panen dalam jumlah melimpah. Sebagai panduan kedua teknik ini, anda dapat membacanya pada artikel berikut: 2 Teknik Penyemaian Cabe yang Berkualitas Tinggi (Hight Quality)
  • Penyiraman tanaman cabe disesuaikan dengan tingkat usia tanaman, sehingga penyiraman ini merupakan bagian penting yang tak boleh terlewatkan. Penyiraman sebaiknya menggunakan air bersih sebagai standar mutu agar organ tanaman cabe tidak mengalami dehidrasi, sehingga kandungan air pada organ tanaman tercukupi dengan baik meskipun kondisi cuaca ekstrem dan bahkan di musim kering sekalipun (Baca: Cara Penyiraman Tanaman Cabe yang Baik dan Benar).
  • Melakukan perempelan pada beberapa tunas aksiler (tunas samping/tunas liar) pada batang utama cabe merah. Caranya dapat anda baca juga pada artikel berikut ini: Perempelan, Cara Mempercepat Waktu Panen Cabe Supaya Berbuah Lebat.
  • Selain perempelan dan penyemaian cabe juga ada beberapa teknik supaya tanaman cabe cepat berbunga dan berbuah banyak, tentu saja anda dapat melakukan tindakan seperti pemupukan baik dengan penggunaan pupuk alamiah (kompos) maupun pupuk kandang dari kotoran sisa-sisa feses hewan ternak yang sebelumnya telah dikeringkan/difermentasikan. Penggunaan air kencing/urine sapi dan kelinci juga bagus sebagai bahan untuk menambahkan nutrisi hara cair bagi tanaman cabai merah. Perlu anda ketahui bahwa kandungan unsur hara Nitrogen (N) pada kotoran dan urine hewan ternak sangat bagus untuk merangsang pembentukan daun muda dan juga bunga-bunga supaya lekas tumbuh secara terus-menerus. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan pupuk anorganik seperti Urea, KCL, TSP, phonska, dan lain sebagainya;
  • Gunakan larutan pupuk phonska cair, hal ini sangat penting untuk mendapatkan tanaman cabe yang lebih sehat, tumbuh subur, serta tak gampang sakit akibat serangan hama maupun penyakit pengganggu tanaman. Selain itu, larutan pupuk phonska yang dikocor juga dapat dijadikan perangsang pembentukan bunga-bunga muda pada pohon cabe supaya lekas menghasilkan. Sebagai panduan pembuatan larutan pupuk phonska cair, anda dapat membacanya pada artikel berikut, klik: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair Untuk Tanaman Cabe  
Dengan mengikuti berbagai panduan dan tindakan seperti dijelaskan di atas, maka diharapkan ada perkembangan pengetahuan pada diri anda sebagai seorang petani agar semakin profesional dalam melakukan budidaya cabe di perkebunan hortikulture di lingkungan tempat anda bekerja.

Semoga apa yang dijelaskan di atas tentang agar bunga cabai merah tumbuh banyak, setidaknya langkah demi langkah yang dijelaskan di atas mudah-mudahan membantu anda. Salam budidaya pertanian. Baca juga artikel bermanfaat di bawah ini, klik:

Semoga bermanfaat !

Artikel Terkait

Previous
Next Post »