Saturday 23 July 2016

Di Tanah Liat Berlempung Tanaman CABE Subur dan Berbuah Lebat?

Tekstur dan serta jenis tanah yang paling tepat dipakai untuk membudidaya tanaman cabe/cabai memang harus diperhatikan secara serius bagi pembudidaya cabe, yakni dalam hal ini petani/pekebun cabe. Jika jenis tanah yang dipilih sebagai lokasi penanaman yang keliru/salah, maka akan berpengaruh secara signifikan dalam tumbuh kembang tanaman cabe dalam menghasilkan buah dan bunga sebagai organ reproduktif penting yang menyuplai banyak buah cabe di pohonnya.

Adapun jenis tanah yang paling bagus dan telah terbukti ampuh dalam mendongkrak pertanian cabe dengan hasil panen melimpah ruah, yakni sebaiknya menanam cabe menggunakan jenis tanah liat lempung berpasir.

Tanah liat jenis lempung berpasir ini telah banyak ada di area persawahan dan beberapa areal rawa-rawa dengan sedikit tanah gambut, terutama area persawahan yang sering digunakan sebagai tempat untuk penanaman padi dan beberapa tanaman palawija lainnya.

Cabe Rawit Jengki Berbuah Sangat Lebat dan Pohon Cabenya Subur dan Sehat
Cabe Rawit Jengki Berbuah Sangat Lebat dan Pohon Cabenya Subur, Foto Asli Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan/Orang Petani Cabe).

Di tanah liat berlempung (di areal persawahan) ini memang lokasi yang memang sangat bagus untuk membudidaya tanaman cabe jika menginginkan hasil panennya melimpah.

Tanah liat berlempung memang terbukti menyediakan banyak unsur hara penting, baik itu unsur hara makro maupun unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman cabe untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

Sebagai rujukan untuk menambah wawasan anda dalam budidaya cabe rawit jangan lupa baca juga artikel berikut ini, klik: Cara Budidaya Cabe Rawit dengan Hasil Panen Selangit.

Artikel Terkait

Di Tanah Liat Berlempung Tanaman CABE Subur dan Berbuah Lebat?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email